INFOCHANEL.ID,MAKASSAR – Suasana kuliner di Kota Daeng kembali bergairah dengan digelarnya Makassar Culinary Night (MCN) edisi ke-24 yang akan berlangsung pada 1–2 November 2025 di Monumen Mandala. Mengusung tema “Pesta Rakyat, Honda Makassar Culinary Night”, festival ini menandai satu dekade perjalanan MCN sebagai ikon kuliner dan ekonomi kreatif di Kota Makassar.
Diselenggarakan oleh Senada Project sejak 2015, MCN telah menjadi ruang ekspresi dan wadah promosi bagi para pelaku UMKM kuliner. Tahun ini, sebanyak 75 tenant terpilih akan menampilkan ragam menu unggulan yang dikurasi dari ratusan pendaftar dengan penilaian berdasarkan cita rasa, mutu, kemasan, dan harga. “Kami selalu memastikan Makassar Culinary Night hadir dengan konsep yang berkesan dan mudah diingat oleh pengunjung,” ujar Mistrianie, Founder Makassar Culinary Night.
Tak hanya menjadi ajang kuliner, MCN 2025 juga memperluas dukungannya terhadap sektor ekonomi kreatif. Melalui Creative Market, festival ini menampilkan karya dari sepuluh pelaku usaha kreatif lokal yang menghadirkan produk fesyen, kerajinan tangan, aksesori, dan parfum khas Makassar. Mistrianie menegaskan bahwa kehadiran Creative Market menjadi bentuk komitmen penyelenggara dalam memperluas dukungan terhadap ekosistem kreatif lokal.
Berbagai aktivitas interaktif juga disiapkan untuk menambah daya tarik acara, mulai dari sesi live cooking bersama tenant pilihan seperti Roket, Tao Bun, Butter Call Soul, dan Tumbuh.mks, hingga beragam kegiatan seru seperti emotional painting oleh Paint ur Feelings, personal color analysis dari Sora Color Studio, perfume workshop oleh O & Co Parfume, kids activity oleh Beekids, serta Magic Hour Storytime bersama Dongeng Kak Heru.
Sebagai sponsor utama, Honda turut mendukung gelaran ini melalui kegiatan Konvoi 1 Dekade Honda Makassar Culinary Night. Office Promotion Honda, Adi Ridwan, menyebut kolaborasi ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kekayaan kuliner Makassar yang telah menjadi daya tarik nasional. Untuk mendukung transaksi digital, panitia juga bekerja sama dengan Bank Sulselbar menghadirkan layanan pembayaran QRIS di seluruh area festival.
Deretan sponsor lain seperti IM3, Gojek, Teh Botol Sosro, Prima Water, Prima Vision, Prima Home, dan Amsterdam Photography turut memberikan dukungan. Selain itu, kolaborasi dengan komunitas olahraga Helopound dan Ikatan Langkah Dansa Indonesia turut menambah warna dalam perayaan ini.
Penyelenggara menargetkan nilai transaksi mencapai Rp1 miliar dengan jumlah pengunjung sekitar 30 ribu orang selama dua hari pelaksanaan. Dukungan media lokal dan food blogger Makassar juga diharapkan dapat memperkuat jangkauan promosi acara ini. “Dengan dukungan berbagai pihak, kami berharap MCN tidak hanya menghadirkan kemeriahan kuliner, tetapi juga memperkuat potensi ekonomi kreatif serta kebanggaan warga Makassar,” tutup Mistrianie.













